• 50 tahun
  • PSB 2014
  • SIMAK
  • lontar

Lokasi

Pondok Pesantren Attaqwa Putri, terletak di Kampung Ujungharapan, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ujungharapan merupakan perkampungan seluas 618 hektar. Pada awal abad ke-20, perkampungan ini masuk dalam wilayah Order District Babelan, Distrik Bekasi, Regentschap (Kabupaten) Meester Cornelis, Residensi Batavia. Desa ini terletak dipesisir utara pulau Jawa bagian barat, membujur antara 1060 48' 79 LU dan 070 77'29 BT dengan cuaca yang cenderung panas dan kering.

Secara geografis, Kelurahan Bahagia berbatasan langsung dengan Kebalen di sebelah timur, Kaliabang Tengah di sebelah barat, Teluk Pucung di sebelah selatan, dan Babelan Kota di sebelah utara. Jarak desa ini dengan pusat administrasi Kecamatan Babelan sekitar 5 km, sedangkan jarak ke pusat administrasi Kabupaten Bekasi sekitar 49 km. Hal ini mengingat pusat administrasi Kabupaten Bekasi dipindahkan ke Cikarang Pusat, semenjak Bekasi secara resmi dibagi dalam dua wilayah, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Di desa ini juga terdapat sarana transportasi yang sangat memadai, dengan dilewati oleh dua jalur angkutan umum, baik yang menuju arah Bekasi maupun yang ke arah Jakarta Timur tersedia setiap waktu. Dari terminal Bekasi terdapat angkutan K-10 yang langsung menuju Kantor Kelurahan Bahagia, demikian pula angkutan K-09B yang dapat menuju langsung Kantor Kelurahan Bahagian dari wilayah Bekasi Barat. Berbagai jurusan dari wilayah Jakarta Timur bersinggungan langsung dengan angkutan K-10, antara lain K-25, K-25B, K-45 di wilayah Aqua.

Jika menilik dari sisi historis, daerah ini merupakan wilayah transit bagi para pedagang dari daerah Muara atau Wates yang ingin ke Bekasi atau Jakarta, demikian pula sebaliknya. Daerah ini pun dahulu sebagai tempat tinggal para pedagang yang datang untuk berdagang sejak masa kolonial Belanda. Hal ini menjadikan wilayah pedesaan ini menjadi tempat persimpangan jalan bagi para pedagang di berbagai wilayah, dan menjadikan wilayah ini sebagai pedesaan yang heterogen.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2003, Kelurahan Bahagia memiliki jumlah penduduk sebesar 40.889 orang. Sebagian besar penduduk desa ini bermatapencaharian di bidang agraris, sedangkan selebihnya sangat beragam, mulai dari bidang jasa, perdagangan, industri, usaha kecil dan menengah, hingga pendidikan. Khusus di bidang pendidikan, di wilayah desa ini tercatat tidak kurang dari tujuh belas lembaga pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak, Madrasah Ibtidaiyah dan/atau Sekolah Dasar, Madrasah Tsanawiyah dan/atau Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Aliyah dan/atau Sekolah Menengah Umum, hingga Perguruan Tinggi. Salah satu lembaga pendidikan yang berkembang pesat adalah Pondok Pesantren Attaqwa Putri.